TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE MICROSOFT WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL


TUTORIAL MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE
MICROSOFT WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL

Mail Merge merupakan salah satu cara untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam pembuatan surat yang harus dibuat secara masal atau banyak untuk penerima yang berbeda. Menu mail merge bisa ditemukan dalam menu bar Mailings. Selain dari surat Mail merge juga bisa digunakan untuk pembuatan sertifikat, label dan amplop.
Mail merge merupakan gabungan antara 2 dokumen untuk dijadikan satu bagian. Dokumen tersebut yaitu dokumen pertama, dokumen  inti yang berisikan dasar dari surat yang akan kita isi dalam membuat mail merge dengan penerima yang berbeda. Dokumen kedua merupakan dokumen yang disajikan data dari penerima surat atau yang lainnya yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, data ini dapat dikatakan dokumen data resource.
Berikut ini saya akan memberikan tutorial pembuatan surat masal beserta contoh dalam bentuk gambar untuk lebih memudahkan dalam memahami dan membuat surat masal dengan menggunakan fasilitas mail merge. 

1.      Langkah pertama, siapkan document inti atau surat yang akan dikirimkan. Contoh nya :

Kepada Yth,
Pimpinan…
            Di _ …

Assalamualaikum wr.wb
            Sehubungan dengan adanya praktik kerja lapangan yang akan dilaksanakan pada 8 Juli sampai dengan 8 Agustus 2019. Maka kami dari pihak univeristas  memohon untuk menerima mahasiswa/mahasiswi kami untuk dapat magang ditempat perusahaan yang anda pimpin.
 Adapun nama mahasiswa/ mahasiswi kami yaitu :

NO
Nama Mahasiswa
Nim Mahasiswi
1
«NAMA_MAHASISWA_»
«NIM_MAHASISWA_»
2
«NAMA_MAHASISWA_2»
«NIM_MAHASISWA_2»

            Demikian surat permohonan ini kami ajukan, besar harapan kami agar Bapak/Ibu yang memimpin perusahaan untuk dapat mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb
                                                                                                            Hormat Kami

                                                                                                              Hendrawan

2.      Siapkan juga data resource yang berisi penerima yang berbeda untuk dokumen inti

NO
Nama Perusahaan
Alamat Perusahaan
Nama Mahasiswa
Nim Mahasiswa
1
PT.Putri Advertising
Jl. Halmahera Kel. Surabaya Bengkulu
1.      Ibram
2.      Amora
1.      1234123
2.      1231234
2
PT. Putra Persada
Jl. Irian Kel. Tj. Jaya Bengkulu
1.      Geo
1.      1212342
3
PT. Kiya Jaya
Jl. Samsul Bahrun Kel. Bentiring Bengkulu
1.      Nino
2.      Allecia
1.      1267123
2.      1254367


3.      Buka aplikasi Microsoft word kemudian pilih menu Mailings
4.      Pilih Select Recipents, lalu pilih Type New List..

5.      Langkah selanjutnya pilih Customize columns, maka akan muncul data seperti gamabr dibawah ini

6.      Berikutnya, ubah data yang diatas dengan cara mengklik Rename da nisi data sesuai judul dalam data resource dan sisa nya silahkan di Delete, maka hasilnya seperti pada gambar dibawah ini

7.      Selanjutnya, silahkan isi data seperti data resource, untuk menambah kolom silahkan klik New Entry. Maka data akan seperti gambar dibawah ini.

8.      Data tersebut kemudian disimpan, setelah itu tampilan pada menu bar akan berubah
9.      Pilih Insert Merge Fied

10.  Letakkan kursor anda pada dokumen inti yang akan diisi bagian nya mail merge, dokumen inti akan seperti gambar dibawah

11.  Langkah terakhir yaitu pilih Preview Result untuk melihat hasilnya, untuk penerima lainnya bisa pilih tanda arah disebelah preview result

12.  Data siap digunakan
keuntungan-menggunakan-jaringan-wan

Komentar